Home > Uncategorized > Ubah Total Tampilan Windows XP Menjadi Windows 7

Ubah Total Tampilan Windows XP Menjadi Windows 7

Ubah Total Tampilan Windows XP Menjadi Windows 7

http://scr1.kliksaya.com/ifr-ad.php?zid=41592&kstmp=1 Beberapa waktu yang lalu Windows 7 Beta telah dirilis. Jutaan orang di seluruh dunia langsung segera ikut mencoba versi Windows yang baru ini. Ada juga yang masih setia dengan versi lama Windows, misalnya Windows XP. Bagi Anda yang tetap ingin menggunakan Windows XP tetapi ingin mencoba segala keindahan Windows 7, artikel ini pasti berguna untuk Anda. Di sini akan dijelaskan bagaimana cara mengubah theme, icon, boot screen, welcome screen, dll pada Windows XP menjadi seperti Windows 7. Berikut selengkapnya.

Berhubung caranya yang cukup ekstrim, sangat disarankan untuk mengaktifkan dan membuat restore point untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Sebelumnya saya akan menjelaskan hal apa saja yang akan kita ubah nanti.

  • Windows Theme atau Visual Style
  • Icon
  • Boot Screen
  • Welcome Screen
  • Taskbar
  • Wallpaper
  • Aero Shake, Aero Snap dan Aero Peek
  • Calculator dan WordPad
  • Tambahan

Windows Theme atau Visual Style
Di sini dijelaskan bagimana mengubah font, toolbar dan theme pada Windows XP menjadi seperti Windows 7. Tetapi sebelumnya, uxtheme.dll pada Windows XP kita harus di-patch terlebih dahulu dengan menggunakan UXTheme Patcher.

Setelah uxtheme.dll berhasil di-patch, sekarang saatnya mengubah theme Windows XP menjadi Windows 7. Bila kita melakukan pencarian di internet, ada banyak sekali theme Windows 7 yang bisa digunakan. Tetapi saya menemukan SevenVG RTM Theme for Windows XP yang menurut saya yang terbaik.
Setelah tema tersebut berhasil di-download, kita akan menemukan 5 buah folder yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Tetapi hanya 3 folder saja yang cukup penting fungsinya.

  • Fonts, digunakan untuk mengubah font default Windows XP menjadi Segoe UI. Cukup jalankan file bernama Fonts.exe untuk memasangnya.
  • Styler Toolbar, digunakan untuk mengubah tampilan toolbar dan commandbar pada Windows Explorer. Cukup jalankan file bernama First Install Me.exe kemudian Then Run Me.exe
  • Theme, digunakan untuk mengubah theme pada Windows XP. Cukup jalankan file bernama Theme.exe untuk memasangnya

Kemudian aktifkan segala perubahan melalui Desktop Properties.
Sebenarnya cukup di sini saja tampilan Windows XP Anda sudah lumayan berubah. Tetapi terserah Anda ingin terus mengikuti langkah-langkah berikutnya atau berhenti sampai di sini.

Bagi pengguna komputer yang benar-benar masih pemula, dianjurkan untuk berhenti sampai di sini saja mengingat caranya yang cukup beresiko. Lagipula Windows XP sudah sekitar 55% menyerupai Windows 7 sampai langkah di sini.

Icon
Selanjutnya kita akan mengubah icon. Icon pada Windows 7 sama dengan icon yang ada pada Windows Vista yang memiliki resolusi tinggi. Untuk mengubah icon diperlukan aplikasi bernama IconTweaker. Tetapi kita tidak perlu men-download IconTweaker lagi karena sudah disertakan dalam paket. Sebelumnya download-lah paket icon Windows 7 terlebih dahulu. Install IconTweaker kemudian jalankan file bernama SevenVG Icon Theme.itt lalu klik Apply. Maka icon Windows XP kita langsung berubah menjadi icon Windows 7.
Boot Screen
Untuk mengubah boot screen, kita tidak perlu menggunakan cara yang rumit dan berbahaya. Cukup dengan menggunakan fitur pengganti boot screen dari TuneUp Utilities saja. Download file boot screen Windows 7 terlebih dahulu kemudian buka file tersebut dengan menggunakan TuneUp Utilities.
Welcome Screen
Untuk Welcome Screen, kita harus me-replace file bernama logonui.exe yang terletak di %windir%system32 dengan file baru yang bisa di-download di sini. Kalau Anda kesulitan me-replace, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Replacer yang bisa di-download di sini.
Taskbar
Lalu kita akan mengubah taskbar menjadi superbar. Apa itu Superbar ? Superbar adalah taskbar pada Windows 7 yang hanya menampilkan icon pada daftar programnya sehingga lebih menghemat tempat. Berbeda dengan Windows versi terdahulu yang masih menampilkan nama program pada taskbar. Ikuti cara-cara di bawah ini untuk mengubahnya.

  1. Buka Start->Run atau Win + R
  2. Ketik “regedit” (tanpa tanda kutip)
  3. Akses key berikut ini :
    HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\WindowMetrics

  4. Perhatikan kolom sebelah kanan. Buat string baru bernama MinWidth dengan cara klik kanan kemudian New->String
  5. Isi value data-nya dengan angka -255
  6. Klik OK dan restart komputer untuk melihat hasilnya.

Untuk mengembalikannya seperti semula, Anda cukup menghapus string MinWidth tersebut.
Sebenarnya ada cara lain yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama ViGlance. Cara kerja aplikasi ini sama dengan trik registry yang sebelumnya telah dijelaskan. Bahkan hasilnya pun lebih baik dibandingkan cara manual. Saya menyarankan untuk menggunakan ViGlance saja. Tetapi bukankah cara yang sulit itu lebih menantang ?
Wallpaper
Windows 7 memiliki wallpaper yang sederhana tetapi enak dipandang mata. Tidak seperti wallpaper pada Windows Vista yang terlihat rumit. Di bawah ini saya akan memberikan link download wallpaper default pada Windows 7.

Aero Shake, Aero Snap dan Aero Peek
Mungkin kata berikut ini terdengar asing bagi Anda. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan pengertiannya terlebih dahulu.
Aero Shake adalah fitur pada Windows 7 yang memungkinkan kita untuk me-minimize semua jendela nonaktif hanya dengan menggoyang-goyangkan jendela aktif. Misalnya kita sedang bekerja dengan banyak jendela tetapi yang kita gunakan saat itu hanya 1 saja dan kita ingin me-minimize semua jendela nonaktif saat itu maka kita cukup dengan menggoyang-goyangkan jendela aktif itu.
Aero Snap adalah fitur pada Windows 7 yang memungkinkan kita untuk me-minimize dan me-maximize suatu jendela hanya dengan menggesernya ke salah satu sisi monitor.
Aero Peek adalah fitur pada Windows 7 yang memungkinkan kita untuk menampilkan desktop dan memunculkan aplikasi yang sedang berjalan dalam bentuk kotak kecil yang bisa diintip apa isinya bila kita mengarahkan pointer di atasnya. Hampir mirip dengan fitur Show the Desktop.
Bila kurang jelas mengenai fungsinya, silakan menonton video mengenai Aero Shake, Aero Snap, dan Aero Peek di YouTube.
Calculator dan Paint

Aplikasi bawaan pada Windows 7 mengalami perubahan pada GUI misalnya seperti Calculator yang memiliki 3 modus kalkulasi dan Paint yang sudah menganut konsep ribbon. Sekarang pengguna Windows XP pun sudah bisa merasakan hal itu hanya dengan menambah beberapa aplikasi kecil.
Untuk Calculator, hanya tampilannya saja yang dapat diterapkan pada Windows XP dan fiturnya tetap seperti dulu. Download Calculator di sini.
Untuk Paint, pengguna Windows XP dapat merasakan seperti halnya Paint pada Windows 7 yang sudah menggunakan konsep ribbon untuk menunya. Download Paint di sini. Sayangnya sejauh ini format gambar yang bisa dihasilkan oleh Paint ini hanya berupa ekstensi *.pict. Format gambar lainnya akan ditambahkan pada rilis berikutnya.

Perlu diketahui bahwa aplikasi di atas berjalan dengan menggunakan Microsoft .NET Framework. Jadi pastikan Microsoft .NET Framework sudah ter-install pada komputer Anda. Versi yang disarankan adalah versi 3.5.
Tambahan
Seperti yang ketahui bahwa Windows 7 dapat menampilkan logo Windows Orb tepat sebelum welcome screen seperti halnya Windows Vista. Windows XP pun juga dapat melakukan hal seperti itu. Bukan hanya logo Windows Orb saja, bahkan foto kita sendiri juga bisa. Caranya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Siapkan logo Windows Orb dengan background hitam atau foto bebas
  2. Rename nama file gambar tersebut menjadi Startup (disarankan)
  3. Simpan di sembarang tempat dan ingatlah lokasi file-nya serta format file-nya misalnya di C:\Startup.bmp
  4. Klik Start->Run atau tekan Win + R
  5. Ketik “regedit” (tanpa tanda kutip)
  6. Akses key berikut ini :
    HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop

  7. Perhatikan kolom sebelah kanan dan klik ganda string bernama Wallpaper
  8. Ubah value data-nya sesuai lokasi penyimpanan Startup.bmp. Misalnya isikan dengan C:\Startup.bmp bila file-nya tersimpan pada drive C
  9. Klik OK dan restart untuk melihat hasilnya

Sekarang kita akan mengubah tampilan My Computer. Seperti halnya Windows Vista, Windows 7 dapat menampilkan indikator ruang terpakai dan ruang kosong pada hard disk. Untuk Windows XP cukup install aplikasi kecil bernama Vista Drive Status Icon yang bisa di-download di sini.
Kemudian kita akan mengubah tampilan address bar pada Windows XP agar navigasi menjadi lebih mudah. Caranya dengan menggunakan aplikasi bernama QTAddressBar yang bisa di-download di sini. Tetapi sebelumnya pastikan Microsoft .NET Framework sudah ter-install sebelumnya.
Selesai sudah semua cara yang digunakan untuk mengubah total tampilan Windows XP menjadi Windows 7. Sebenarnya masih ada yang lain seperti mengubah Progress Dialog Box, Shutdown Dialog Box, dll tetapi berhubung caranya yang cukup sulit untuk dijelaskan maka saya tidak menuliskannya di sini. (infini3.co.cc)

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: